BASARNAS GELAR DIKLAT SAR GABUNGAN DI TRENGGALEK



     Trenggalek, 14/5 - Badan SAR Nasional (Basarnas) menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) gabungan dengan sejumlah potensi SAR Jawa Timur di Trenggalek.

     Direktur Pembinaan dan Pemasyarakatan Basarnas, Marsekal Pertama Hadi Cahyanto, Selasa mengatakan, diklat gabungan tersebut diikuti oleh beberapa organisasi, antara lain TNI, Polri, Pramuka, Mahasiswa, Pelajar serta beberapa organisasi lainnya.

     "Diklat ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan, kebetulan saat ini kami gelar di Trenggalek, karena lokasi ini adalah salah satu daerah rawan bencana. Kali ini akan kami lakukan selama empat hari sampai dengan taanggal 17 Mei mendatang" katanya.

     Menurutnya pelatihan yang di kendalikan langsung oleh Basarnas Kelas A Surabaya itu dilakukan untuk menyamakan persepsi tentang penanganan kedaruratan antar sesama penyelamat, sehingga dalam operasi SAR tidak terjadi gangguan maupun kesalahanpahaman.

     Hadi menambahkan, ada tiga materi utama yang dilaksanakan dalam diklat bersama di Trenggalek, yakni penyelamatan darat, laut dan udara.

     "Tadi sudah kita saksikan bersama, penyelamatan dari udara dengan menggunakan pesawat helikopter, sedangkan khusus di Trenggalek ini kami lebih mengintensifkan 'jungle rescue' karena sesuai dengan potensi serta medan yang ada," ujarnya.

     Lebih lanjut jenderal berbintang satu ini menjelaskan, pihaknya sengaja memberikan diklat khusus kepada organisasi SAR guna membantu kinerja Basarnas, mengingat jumlah anggotanya tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditangani.

     "Basarnas itu hanya memiliki anggota sekitar 3012 orang yang tersebar di 33 kantor SAR, jumlah tersebut harus menanngai seluruh wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Maka dari itu potensi-potensi SAR inilah yang kita perlukan untuk membantu dalam pelaksanaan operasi SAR," katanya.

     Pihaknya berharap, seluruh materi serta pelatihan yang diberikan dapat diserap secara maksimal dan memberikan kemampuan baru bagi anggota organisasi SAR di wilayah Jawa Timur, sehingga apabila terjadi operasi kedaruratan bisa saling bahu membahu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon