15.992 RTSM TRENGGALEK DIUSULKAN TERIMA BANTUAN PKH

KBR68H, Trenggalek - Sedikitnya 15.992 rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur diusulkan menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) 2014.

Kepala Bidang  Sosial  Dinas  Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Dinsosnaketransos) kabupaten Trenggalek, Nurudin Boedy S
mengatakan,sebelum dipastikan menerima anggaran PKH, belasan ribu RTSM tersebut terlebih dulu dilakukan validasi oleh tim pendamping.

"Nanti akan di kroscek, apakah nama-nama RTSM yang diusulkan itu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, Apabila tidak sesuai maka tidak bisa mendapatkan, karena ini adalah bantuan bersyarat," katanya.

Menurutnya, beberapa syarat bagi penerima program keluarga harapan antara lain, memiliki anak balita, anak yang masih duduk di bangku sekolah SD maupun SMP, ibu hamil, maupun ibu nifas.

"Semua mekanisme telah diatur dalam  petunjuk  teknis  PKH. Dengan begitu  sudah ada yang berhaka menerima  program  kemiskinan ini. Berbeda  kriteria penerima  berbeda dengan  BLSM (bantuan langsung sementara masyarakat)," kata dia.

Dijelaskan, program pendamping dari kenaikan harga BBM tersebut lebih ketat dibanding program yang lain. Ia mencontohkan, untuk penerima yang memiliki ibu hamil, maka yang bersangkutan harus memeriksakan kehamilannya kepada tenaga medis, sedangkan untuk balita harus rutin mengikuti program posyandu.

"Untuk yang memiliki anak sekolah, maka syaratnya yaa harus sekolah. kalau tidak sesuai dengan kriteria itu, maka tim pendamping akan mengusulkan pencabutan," imbuhnya.  

Sesuai dengan rencana, bantuan yang digulirkan melalui Kementerian Sosial itu bakal dialokasikan langsung ke masyarakat pada tahun depan.

Lanjut Udin, sesuai dengan ketentuan, setiap RTSM penerima bantuan PKH akan mendapatkan dana antara Rp 800 ribu hingga Rp 2,8 juta/ tahun, jumlah tersebut naik dari rencana semula yakni antara Rp600 hingga Rp2,6 juta/tahun. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon