BUPATI TRENGGALEK SAMBUT BAIK PENELITIAN APBD

Trenggalek, 25/9 - Bupati Trenggalek, Jawa Timur Mulyadi Wr menyambut baik hasil penelitian yang dilakukan Universitas Airlanggara (Unair) Surabaya bersama AIPD terkait APBD Trenggalek.

Disela-sela acara konsultasi publik "Public Expenditure and Revenue Analysis (Pera)", di Gedung Balai Benih Ikan Trenggalek, Mulyadi mengatakan, hasil analisa APBD tersebut bakal dipakai sebagai masukan serta penyemangat kinerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada dibawahnya.

"Kami memang ingin anggaran yang dialokasikan dalam APBD tersebut memberi manfaat yang besar kepada rakyat, makanya ketika AIPD ingin mengadakan penelitian langsung kami inginkan," katanya.

Menurutnya, apapun hasil yang direkomendasikan tim peneliti akan menjadi salah satu perhatian pemerintah kabupaten Trenggalek dalam merumuskan APBD tahun depan.

Mulyadi mengakui, tidak semua SKPD di bawahnya memiliki kinerja maupun penganggaran yang bagus, sehingga pihaknya sangat terbuka terhadap kritik maupun masukan yang diberikan oleh pihak luar, terutama para akademisi.

Sementara itu, dalam konsultasi publik yang dihadiri sejumlah kepala dinas, bapeda serta perwakilan AIPD tersebut, tim peneliti dari Bakti Unair memaparkan hasil penelitiannya terhadap APBD Trenggalek tahun 2009-2011.

Dalam penjelasannya, salah satu peneliti Unair, Wasilaturrahma mengatakan, penganggaran di sejumlah SKPD memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam bidang infrastruktur, kesehatan maupun pendidikan.

"Sebagai contoh, besarnya alokasi anggaran di dinas pendidikan mulai berdampak terhadap kemajuan pendidikan di Trenggalek, tapi ada beberapa poin yang harus ditingkatkan, seperti angka melek huruf yang masih diatas rata-rata Provinsi Jawa Timur," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, perwakilan AIPD di Trenggalek, Puji Handi menjelaskan, penelitian APBD tersebut diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah, untuk memperbaiki sejumlah pos anggaran yang dinilai tidak sesuai dengan harapan masyarakat.

Pihaknya menambahkan, kabupaten Trenggalek adalah salah satu daerah yang perlu mendapat dorongan dari berbagai pihak agar anggaran APBD-nya lebih pro rakyat.

"Bukan rahasia umum, di Trenggalek ini jumlah anggaran untuk pegawainya lebih tinggi dibanding belanja lain, termasuk pendidikan, infrastruktur maupun kesehatan," pungkasnya.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima Kasih telah mampir di www.trenggalekkita.com, silakan untuk menuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Penulisan komentar tidak boleh mengandung kata-kata kotor, SARA serta berbau pornografi. Kami juga tidak mengzinkan pencantuman link. EmoticonEmoticon